Kamis, 28 Januari 2010

Masalah waktu puasa di Korea

Ibadah puasa dapat dijalani dimana saja tak terkecuali pada negara yang kebanyakan non muslim atau perbedaan keadaan geografis suatu negara.

Seperti pengalaman yang telah dialami semasa tinggal di Korea, maka penulis ingin membagi pengalaman sewaktu menjalankan ibadah puasa di Korea terutama pada saat musim panas seperti sekarang ini.

Perbedaan garis geografi mempengaruhi keadaan cuaca dan iklim serta perbedaan waktu dalam suatu negara. perbedaan waktu antara Indonesia dengan Korea adalah 2 jam lebih maju di Korea jadi apabila di Indonesia jam 12 siang maka di Korea jam 2 siang.

Nah kedalam masalah ibadah puasa tadi, di Korea pada saat ini mengalami waktu yang cukup panjang untuk melakukan puasa dalam satu hari di bandingkan dengan Indonesia,... kenapa ?
Karena pada saat musim panas seperti sekarang ini, di korea mengalami terbitnya matahari pagi / fajar yaitu sekitar setengah 4 pagi dan terbenamnya matahari sekitar pukul 8 malam. jadi kalau menghitung waktu imsyak ke waktu buka puasa di Korea saat ini maka sangat lah panjang waktunya,...... wah dapat dibayangkan betapa sangat terasa sekali laparnya, juga dapat di bayangkan jam berapa harus imsyak serta buka puasa,..... dan itu pernah saya alami,.....

Namun lebih enak lagi kalau puasa datangnya pada saat musim dingin seperti tahun 2001 lalu, karena waktunya lebih pendek. disebabkan terbitnya fajar sekitar pukul 6 pagi dan terbenamnya matahari sekitar pukul setengah 5 sore.... heheheh cepet bukanya....


menarik ya...... mau!